store

Kamis, 12 April 2012

Manusia & Tanggung Jawab


Manusia  & Tanggung Jawab
Pengertiaan Tanggung Jawab
            Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban.
Alasan Timbulnya Tanggung Jawab
            Timbulnya tanggung jawab karena manusia itu hidup bermasyarakat dan hidup dalam lingkungan alam. Manusia tidak boleh berbuat semaunya terhadap manusia lain dan terhadap alam lingkungannya. Manusia menciptakan keseimbangan, keselarasan, antara sesama manusia dan antara manusia dan lingkungan.
Apakah Tanggung jawab merupakan hak atau kewajiban?
            Tanggung jawab itu adalah kewajiban atau beban yang harus dipikul atau dipenuhi, sebagai akibat perbuatan pihak yang berbuat, atau sebagai akibat dari perbuatan pihak lain, atau sebagai pengabdian, pengorbanan pada pihak lain.
Macam-Macam Tanggung Jawab.
            Tanggung jawab dibaggi menjadi beberapa bagian yang di dasarkan pada manusia atau hubungan yang dibuatnya.
1.      Tanggung jawab terhadap diri sendiri
Tanggung jawab terhadap diri sendiri menentukan kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi.
Tujuan : memecahkan masalah-masalah kemanusiaan mengenai dirinya sendiri menurur sifat dasarnya manusia.

2.      Tanggung jawab terhadap keluarga
Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga serta  juga merupakan kesejahteraan, keselamatan dan kehidupan.
Tujuan : Tanggung jawab yang di peruntukan pada anggota keluarga.

3.      Tanggung jawab terhadap masyarakat
Pada hakekatnya manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan manusia lain, sesuai dengan kedudukannya sebagai mahluk sosial sehingga manusia perlu bertanggung jawab dalam masyarakat
Tujuan : agar  anggota masyarakat yang lain agar dapat melangsungkan hidupnya dalam masyrakat tersebut.
4.      Tanggung jawab kepada Bangsa / negara
Yaitu tanggung jawab untuk membela negara sampai titik darah penghabisan serta mengharumkan nama bangsa.
Tujuan : Agar kita harus bertanggung jawab kepada negara.

5.      Tanggung jawab terhadap Tuhan
Tindakan manusia tidak bisa lepas dari hukum-hukum Tuhan yang dituangkan dalam berbagai kitab suci melalui berbagai macam agama. Pelanggaran dari hukum-hukum tersebut akan segera diperingatkan oleh Tuhan dan juka dengan peringatan yang keraspun manusia masih juga tidak menghiraukan maka Tuhan akan melakukan kutukan.
Tujuan : kehidupannya manusia mempunyai tanggung jawab langsung terhadap Tuhan sehingga mereka harus takut dan taat pada Tuhan Yang Maha Esa.

Pengabdian Dan Pengorbanan

            Di dalamnya Tanggung Jawab terdapat pengabdian dan pengorbanan di dalamnya 
1.      Pengabdian  
Pengabdian itu adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan, cinta, kasih sayang, hormat, atau satu ikatan dan semua itu dilakukan dengan ikhlas.

2.      Pengorbanan
Pengorbanan berasal dari kata korban atau kurban yang berarti persembahan, sehingga pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakan kebaktian. Dengan demikian pengorbanan yang bersifat kebaktian itu mengandung unsur keikhlasan yang tidak mengandung pamrih suatu pemberian yang didasarkan atas kesadaran moral yang tulus ikhlas semata-mata.
Perbedaan antara pengertian pengabdian dan pengorbanan tidak begitu jelas, karena adanya pengabdian tentu ada pengorbanan


            

0 komentar

Posting Komentar