store

Selasa, 26 Juni 2012

Manusia Dan Cinta kasih


MANUSIA DAN CINTA KASIH


Pengertiaan Kata Cinta :
Cinta adalah suatu perasaan yang positif dan diberikan pada manusia atau benda lainnya. Bisa dialami semua makhluk. Penggunaan perkataan cinta juga dipengaruhi perkembangan semasa. Perkataan sentiasa berubah arti menurut tanggapan, pemahaman dan penggunaan di dalam keadaan, kedudukan dan generasi masyarakat yang berbeda. Sifat cinta dalam pengertian abad ke 21 mungkin berbeda daripada abad-abad yang lalu. Ungkapan cinta mungkin digunakan untuk meluapkan perasaan seperti berikut:
  • Perasaan terhadap keluarga
  • Perasaan terhadap teman-teman, atau philia
  • Perasaan yang romantis atau juga disebut asmara
  • Perasaan yang hanya merupakan kemauan, keinginan hawa nafsu atau cinta erotis
  • Perasaan sesama atau juga disebut kasih sayang atau agape
  • Perasaan tentang atau terhadap dirinya sendiri, yang disebut narsisisme
  • Perasaan terhadap sebuah konsep tertentu
  • Perasaan terhadap negaranya atau patriotisme
  • Perasaan terhadap bangsa atau nasionalisme
Pengertiaan Kata Cinta :

Kasih adalah perasaan yang dimiliki oleh setiap manusia, perasaan ini akan timbul apabila manusia tersebut mempunyai rasa memiliki dan menyayangi. Kasih juga bisa dikatakan hubungan keterkaitan antara manusia tersebut dengan sesuatu. Dan kasih bisa bermakna luas, bukan hanya antara manusia dengan manusia, tetapi bisa juga antara Tuhan dengan manusia. Dan dengan adanya rasa kasih tersebut membuat manusia mempunyai tujuan hidup yang akan diperjuangkan.

Jadi Makna Cinta Kasih :

Pada dasarnya kasih sayang adalah fitrah yang dianugerahkan Allah SWT kepada mahluknya, misalnya hewan, kita perhasikan begitu kasihnya kepada anaknya, sehingga rela berkorban jika anaknya diganggu. Naluri inipun ada pada manusia, dimulai dari kasih sayang orang tua kepada anaknya, begitu pula sebaliknya. Akan tetapi naluri kasih sayang ini dapat tertutup jika terdapat hambatan – hambatan misalnya pertengkaran, permusuhan, kerasukan, kedengkian dan lain – lain.

Cinta Menurut Agama :

cinta menurut agama memberikan kejelasan kepada kita bahwa makna cinta menurut ajaran agama berbeda dengan makna cinta menurut kajian filsafat. Konsep cinta menurut konsep agama sifatnya lebih realistis dan operatif, sedangkan dalam konsep filsafat gambarannya bersifat abstrak. Dalam agama, cinta adalah suatu dinamisme aktif yang berakar dalam kesanggupan kita untuk member cinta dan menghedaki perkembangan dan kebahagiaan orang yang dicintai. Apabila ada orang yang egois tak dapat mencintai orang lain, sesungguhnya ia sendiri tidak dapat mencintai dirinya sendiri.

Makna Kasih Sayang :

Seperti yang sudah di jelaskan di pengertian cinta. Kasih Sayang adalah bukan hubungan cinta antar lelaki dengan wanita tapi bersifat universal atau mempunyai cakupan makna yang luas sebagai contoh Kasih Sayang yaitu : menghargai orang tua.

Makna  Kemesraan :

Kemesraan ialah hubungan yang akrab baik antara pria wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang     sudah beruamh tangga.Kemesraan pada dasarnya merupakan perwujudan kasih  sa yang
mendalam

Makna  Pemujaan :

Pemujaan adalah bentuk cara berkomunukasi secara rohani dengan tuhan penciptannya,karena merupakan inti dari segalanya. Oleh karena itu sudah jelas pemujaan  kepada tuhan merupakan bagian dari kehidupan manusia.

Makna Belas Kasih :

Belas kasihan, welas asih, atau kepedulian adalah emosi manusia yang muncul akibat penderitaan orang lain. Lebih kuat daripada empati, perasaan ini biasanya memunculkan usaha mengurangi penderitaan orang lain.

Makna Cinta Kasih Erotis :

Cinta kasih erotis adalah cinta kasih yang di mana di dalamnya terdapat ekslusifitas yaitu apabila di jabarkan secara runtut, adalah cintah kasih antar pasangannya, maksudnya kedua-duanya benar-benar bersatu karena didasarkan cinta dan saling memiliki, bukan cinta yang berdasarkan ego antar pria dan wanita yang di akibatkan karena adanya kesamaan baik itu sifat maupun lainnya, yang tidak di dasarka perasaan cinta kasih antar keduannya dan perasaan ingin memiliki.



0 komentar

Posting Komentar