store

Rabu, 27 Juni 2012

Manusia Dan Penderitaan


Manusia Dan Penderitaan



Pengertian Penderitaaan ?

Penderitaan dapat diartikan sebagai pengalaman pahit yang yang tidak didambakan oleh setiap manusia. Kita tidak dapat menolak fakta yang ada, karena itulah dibutuhkan kelapangandada dalam menerima penderitaan. Penderitaan mungkin tidak dapat dirubah, namun kita dapat merubah pola pikir kita dalam menghadapi penderitaan itu.

Hakekat Penderitaan?

Hakekat penderitaan :
1. Dikhotomis : adanya dualisme ide yang bertolakbelakang, derita dan bahagia. Idealnya, jika kita tidak merasakan penderitaan maka kita tidak akan mengerti bagaimana rasanya kebahagiaan. Seseorang yang tidak pernah terpuruk, tidak akan belajar dari pengalaman. Karena itu, penderitaan dapat dijadikan sebagai tolak ukur dan motif untuk mencapai kebahagiaan dalam hidup manusia.
2. Universal : secara umum, manusia cukup mengerti dan merasakan arti penderitaan. Namun tingkat penderitaan yang dialami orang - orang sifatnya relatif. Hal ini dipengaruhi oleh adanya latarbelakang dan pemikiran manusia yang beranekaragam.
3. Kontradiktif : penderitaan yang bersifat subjektif dan cenderung menyimpang, dan biasanya ada    unsur pengorbanan demi mendapatkan tujuan tertentu. Contohnya, seorang anak mengemis di jalanan untuk membantu orang tuanya mencari nafkah atau manusia berusaha menjauhkan diri dari larangan Tuhan agar mendapat pahala.

Bentuk Dari Penderitaan ?

Bentuk penderitaan ada yang berbentuk penderitaan lahir/fisik karena dibawa seseorang sejak dia lahir contohnya cacat tubuh dan penderitaan batin/psikis,hal ini muncul karena adanya trauma atau kejadian tidak menyenangkan di masa lalunya

Definisi Kegelisihan?

Definisi kegelisahan adalah perasaan tidak tenteram,selalu merasa khawatir dan cemas.

Bentuk-bentuk Kegelisahan?

Ada 3 jenis kegelisahan :
1)kegelisahan objektif : yang bersumber dari sesuatu kekuatan yang ada di luar diri manusia. hal ini muncul dari antisipasi seseorang berdasarkan pada pengalaman perasaannya. Misalnya: kegelisahan masyarakat setelah ada pengumuman kenaikan harga sembako.
 2)kegelisahan neurotik: ditimbulkan oleh suatu pengamatan tentang bahaya dari naluriah. Misalnya: kegelisahan para peserta Indonesia mencari bakat.
 3)Kegelisahan moral: muncul dari emosi sendiri yang merupakan perasaan bersalah atau malu dalam ego, yang ditimbulkan oleh suatu pengamatan bahaya dari hati nurani. Misalnya: pihak yang gelisah setelah terungkap korupsi di DPR

Dampak Yang timbul Dari Penderitaan ?

Amuk massa terjadi dipandang dari sudut pandang nilai penderitaan dan kegelisahan terjadi karena kelompok masyarakat tersebut merasa khawatir dan cemas yang akhirnya berujung anarkis,apabila ada suatu kejadian yang berbeda dan menyimpang dari kebiasaan yang berlaku serta dianggap berakibat buruk ke kehidupan mereka contoh nya seperti yang di artikel masyarakat mengamuk karena calon nya dicoret KPU mereka beranggapan bahwa apabila calon tersebut tidak menjadi gubernur/wali kota/ bupati kehidupan mereka akan memburuk jadi kecemasan dan ketakutan akan hidup lebih buruk melatarbelakangi terjadi nya amuk massa.

Sumber Referensi :
http://www.cml.ui.ac.id

0 komentar

Posting Komentar